Rabu, 23 November 2011

Kutil

Edisi kali ini, mari kita bicara tentang kutil. Yah, sekedar
menceritakan pengalaman saya dengan kutil yang saya derita. Saya
tidak akan menceritakan dimana tepatnya kutil tersebut tumbuh.
Tapi akan menceritakan bagaimana proses kutil itu menghilang
begitu saja. Ya betul, menghilang, sangat ajaib, hilang begitu
saja. Penasaran bukan? Cerita ini wajib kamu baca bila kamu
mempunyai kutil di bagian tubuh kamu. Ini khusus yang kutilnya
sedikit, tidak banyak dan tidak begitu besar. Bagi kamu yang punya
kutil yang sangat besar sekali, lebih baik berobatlah ke dokter
ahli kulit. Ok guys, beginilah ceritanya.

Awalnya, seperti biasa, saya mencukur rambut di salah satu bagian
tubuh, yaitu kumis, jenggot, dan ketiak. Ternyata eh ternyata, di
bagian tersebut ada bagian yang terluka terkena mata pisau
pemotong rambut (maaf di sensor bagian mananya :D). Mungkin gara-
gara mata pisaunya kurang tajem kali ya, makanya jadi terluka. ya
otomatis lah bagian itu jadi berdarah,, dikit sih. It's Ok for the
first time. Gapapa kali ya berdarah dikit. Tapi sodara-sodara,
ternyata tiap bercukur itu berdarah terus di bagian itu. Wah emang
dasar pisau cukurnya harus diganti ini mah. Yaudah lah beli pisau
cukur yang baru lagi. Dan emang bener, harus diganti pisau cukur,
dan akhirnya gak berdarah lagi sob. Then, problemo solved. Yah
walaupun ada bekas lukanya gitu.

Berminggu-minggu kemudian nih sob, di area yang suka berdarah itu
ada sesuatu yang muncul. Seperti daging jadi gitu, dikit banget,
pas banget ama pori-pori rambutnya. wah gawat nih kalo gitu, harus
diperhatiin banget pas nyukur rambut biar gak kena ke daerah itu.
Ya namanya juga manusia ya, kadang susah banget ngelakuin semuanya
sendiri. Pas ngelakuinnya sendiri, eh jadi kpleset dikit. Pas
nyukur, saking semangatnya, kegores lah si area itu, berdarah lg
lah tuh bagian itu. Haduh, nasib ya nasib. Daerah itu numbuh lagi
dikit. Kalo dibayangin nih, amit-amit banget gw punya kayak gituan
di tubuh gw. haduh. Tapi yasudahlah, itu nasib saya. Penyakit
apapun, insya Allah ada obatnya. Bener gak sob?

Tiap bercukur itu, kadang kena ke daerah itu terus, berdarah lagi,
berdarah lagi. sampe-sampe nih, daging jadi itu jadi segede kutil
kecil. Hmmm,, sedege gimana yah? segede kacang ijo dibelah dua
kali ya. Kecil banget, tapi ngebetein juga tuh, soalnya tumbuh
tanpa persetujuan saya. Kayaknya ini namanya kutil deh. Apa tumor
kali yah? Waduh kayaknya harus nyari cara biar daging jadi ini
ilang sendiri. Biar gak ke dokter bedah. Amit-amit dah kalo harus
operasi. Kayaknya harus beli obat kutil. Dibeli dah tuh obat,
diolesin langsung ke daerah itu. Agak pedes-pedes perih gimana
gitu. Tapi sodara-sodara, yang sembuh itu atasnya doang, gak
instan sembuh. dicoba lagi diolesin, eh tetep, atasnya doang lagi.

Akhirnya saya menyerah dengan keadaan saya sodara-sodara. Say
putus asa, "gue nyerah ama lo, kutil. Tapi asal lo jangan bandel
ye, tumbuh2 jadi ngegedein, biar gw tenang" haha. Eh emang dia
bandel ye, dibilangin kagak ngarti wae. Si dia jadi tumbuh lagi
dikit pas gak gw apa-apain. sial nih si kutil. Musti nyari cara
buat dia gak tumbuh lagi. Gw browsing lah tentang Neng Kutil ini.
(Ma'af nih bahasanya campuran gaul. hehe). Kira-kira, ini infonya
tentang kutil di wikipedia:

Kutil dalam istilah medis disebut Papilloma. Papilloma itu
sebenarnya sejenis tumor jinak pada kulit, berasal dari penebalan
lapisan luar kulit yang berlebihan. Bentuk kutil ini bisa
bermacam-macam. Bisa besar-besar atau bisa juga kecil-kecil.
Biasanya memang kalau dipegang tidak sakit, dan kalau sudah sangat
besar, bisa saja berdarah kalau lecet. Bila sudah besar biasanya
bentuknya seperti bunga kol.

Kutil disebabkan oleh Human Papilloma Virus (HPV). Virus ini
memang menyerang kulit dan salah satu jenis penyakitnya yaitu
menimbulkan kutil kecil-kecil di telapak tangan.


Mengerikan bukan?
Setelah itu saya mencari informasi tentang bagaimana cara
menyembuhkan kutil. Tentunya ada berbagai cara untuk
menyembuhkannya, dengan berbagai ramuan. Tapi satu yang menurut
saya sangat mudah untuk dilakukan yaitu membuat ramuan sabun colek
dan kapur sirih. Sabun colek sudah ada di rumah, biasanya dipakai
untuk cuci piring, saya memakai sabun colek yag harganya 800an.
Sedangkan kapur sirih tinggal beli di warung sayuran, harganya
tidak lebih dari 500 perak. Berhasil gak ya? Tapi tidak ada
salahnya untuk mencoba.

Ramuan sudah siap. Perbandingan campuran sabun colek dan kapur
sirihnya 1:1. Bila sabun coleknya cuma secolek, maka kapur
sirihnya pun cuma secolek. Setelah itu, saya oleskan ramuan
tersebut ke daerah kutil. Agak banyak saya oleskan, karena saking
betenya sama itu kutil. Dan katanya, setelah dioles tinggal
menunggu sampai kering. Dan apa yang terjadi? Perih sodara-sodara. Saya yakin di daerah tersebut tidak ada lukanya, tapi saya heran kok ada perihnya gitu. Waduh, infonya menipu kali ya? ataukah tercampur bahan kimia lain. Tapi yasudahlah, ada baiknya menunggu sampai kering. Lagipula saya membaca infonya dari site koran terkemuka, masa iya dia berbohong. Ah lebih baik saya menunggu sampai kering. Dan apa yg selanjutnya terjadi, sodara-sodara, si kutil tadi jadi mengeluarkan cairan hitam kekuningan. Saya tidak tahu apa itu. Bukan darah. Bukan nanah. Saya takut itu kutil yang membesar, ternyata bukan. Itu cairan. Lama-lama jadi khawatir juga nih. Tapi yasudahlah biarkan saja. Tunggu sampai kering saja lah. Percayakan semuanya kepada Yang Maha Kuasa. Saya sudah berusaha untuk mengobatinya. Sembuh atau tidak, itu resiko yang harus saya ambil. Hehe.

Perih masih melanda daerah tersebut dan masih belum kering juga. Sampai keesokan harinya barulah kering. Dan akhirnya, cairan tersebut mengeras, seperti luka bro. Insting saya bilang saya harus membasuhnya dengan air hangat. Lalu dibasuhlah di daerah kutil itu pake air hangat, dan dengan bantuan tisue, saya gosok-gosokan ke daerah tersebut. Tadinya sungguh saya tidak percaya ini terjadi, tapi ini kenyataan. Kutil tersebut hilang. Meninggalkan jejak sih, tapi gapapa. Kutil tersebut benar-benar hilang. Saya heran dibuatnya. Saya hanya mengoleskannya sekali dan kutilnya langsung hilang? Hebat amat ya tuh ramuan. Bener-bener hilang sampai akarnya. Ramuan itu mengalahkan obat kutil yang harganya 20ribuan? ckckck. Salut dah. Akhirnya sodara-sodara, kutil saya tersebut jadi hilang seketika. Ya walaupun ada bekasnya dikit, seperti bekas luka. Tapi sekarang bekas luka tersebut sembuh dan saya tidak khawatir lagi untuk mencukur bagian tubuh saya itu. But next time, saya harus rajin mengganti pisau cukur saya agar tidak ada luka seperti itu lagi lalu menjadi kutil. Semoga temen-temen yang membaca ini tidak terjangkit kutil seperti saya, amin. Toh kalaupun terjangkit kutil, kan sudah tau obatnya. Insya Allah sembuh ya.

Sekian ceritanya sob. Semoga bermanfaat bagi kita semuanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silakan berkomentar,,